Kamis, 19 Mei 2016

Ilmu Pendidikan Dalam Islam

  • Definisi Ilmu Pendididkan dalam Islam
Ilmu pendidikan islam adalah ilmu pendidikan yang berdasarkan islam. Islam adalah nama agama yang dibawah oleh Nabi Muhammad SAW. Islam berisi seperangkat ajaran tentang tentang kehidupan manusia, ajaran itu dirumuskan berdasarkan dan bersumber pada Al-Quran dan hadist serta akal. Jika demikian, maka ilmu pendidikan islam adalah ilmu pendidikan yang Al-Quran, hadist dan akal.
  • Tujuan umum pendidikan islam
Menurut Al- Syaibani, misalnya menjabarkan tujuan pendidikan islam menjadi:
  1. Tujuan yang berkaitan dengan individu, mencakup perubahan yang berupa pengetahuan, tingkah laku, jasmani dan rohani, dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki untuk hidup di dunia dan di akhirat.
  2. Tujuan yang berkaitan dengan masyarakat, mencakup tingkah laku masyarakat, tingkah laku individu dalam masyarakat, perubahan kehidupan masyarakat, memperkaya pengalaman masyarakat.
  3. Tujua profesionel yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu, sebagai seni, sebagai profesi, dan sebagai kegiatan masyarakat.
Menurut Al-Abrasyia merinci tujuan tujuan akhir pendidikan islam meliputi:
  1. Pembinaan akhlak
  2. Menyiapakn anak didik untuk hidup di dunia dan di akhirat
  3. Penguasaan ilmu
  4. Keterampilan bekerja dalam masyarakat
Bagi Asma Hasan Fahmi, tujuan akhir pendidikan islam dapat dirinci sebagai berikut :
  1. Tujuan keagamaan
  2. Tujuan pengembangan akal dan ahklak
  3. Tujuan pengajaran kebudayaan
  4. Tujuan pembinaan kepribadian
Menurut Mursi sendiri menjabarkan tujuan pendidikan islam menjadi sebagai berikut :
  1. Bahagia di dunia dan di akhirat
  2. Menghabhkan diri kepada allah
  3. Memperkuat ikatan keislaman dan melayani kepentingan masyarakt islam
  4. Akhlak mulia



  • Kurikulum dalam islam
Kata kurikulum mulai dikenal sebagai istilah dalam dunia pendidikan lebih kurang sejak satu abad yang lalu. Dalam kamus, kurikulum diartikan dua macam :
  1. Sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau dipelajari siswa disekolah atau perguruan tinggi untuk memperoleh ijasah tertentu.
  2. Sejumlah mata pelajaran yang ditawarkan oleh suatu lembaga pendidikan atau jurusan.

  • Isi kurikulum pendidikan dalam islam
Menurut Al- abrasyia :
  1. Tingkatan pemula
Materi kurikulum pemula difocuskan pada pembelajaran al quran dan as sunnah. Ibnu khaldun memandang bahwa al quran merupakan asal agama, sumber berbagai ilmu pengetahuan, dan pelaksana pendidikan islam. Disamping itu, mengingat isi al quran mencakup materi penanaman aqidah dan keimanan pada jiwa peserta didik, serta memuat akhlak mulia, dan pembinaan pribadi menuju perilaku yang positif.
  1. Tingkat atas
Kurikulum tingkat ini mempunyai dua kualifikasi, pertama : ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dzatnya sendiri, seperti imu syariah yang mencakup fiqih, tafsir , hadist, ilmu kalam, ilmu bumi, dan ilmu filsafat. Kedua ; ilmu-ilmu yang ditujukan untuk ilmu-ilmu lain, dan bukan berkaitan dengan dzatnya sendiri. Misalnya ilmu bahasa, ilmu matemaika , dan ilmu logika.

  • Pendidik dalam pendidikan islam
Dalam pendidikan islam, pendidik adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik dengan upaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif, kognitif, maupun psikomotorik
Pendidik terbagi dua, yaitu pendidik kodrat dan pendidik jabatan :
  1. Pendidik kodrat
Orang dewasa mempunyai tanggung jawab utama terhadap anak adalah orang tuanya. Orang tua disebut pendidik kodraty karena mereka mempunyai hubungan darah dengan anak. Namun, karena orang tua kurang memiliki kemampuan, waktu, dan sebagainya untuk memberikan pendidikan yang diperlukan anaknya, maka mereka menyerahkan sebagian tanggung jawabnya kepada orang dewasa lain untuk membingbingnya seperti guru.
  1. Pendidik jabatan
Pendidik disekolah, seperti guru, konselor, dan administrator disebut pendidik karena jabatan. Sebutan ini disebabkan mereka ditugaskan untuk memberikan pendidikan dan pengajaran disekolah, yaitu mentransformasikan ilmu dan kebudayaan secara terorganisasi demi perkembangan peserta didik, khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidik jabatan adalah orang lain yang karena keahliannya ditugaskan mendidik guna melanjutkan pendidikan yang telah dilaksanakan oleh orang tua dala keluarga.

Kedudukan pendidik dalam islam
Pendidik adalah bapak ruhani bagi peserta didik, yang memberikan santapan jiwa dengan ilmu, pembinaan akhlak mulia, dan meluruskan perilaku yang buruk. Oleh karena itu pendidik mempunyai kedudukan tinggi dalam islam. Salah satu dalam hadist yang mengatakan bahwa “ jadilah engkau sebagai guru, atau pelejar, atau pendengar, atau pencinta, dan janganlah kamu menjadi orang yang kelima, sehingga kamu menjadi rusak”. Bahwa pendidik merupakan pelita segala zaman, orang yang hidu[p semasa dengannya akan memperoleh pancaran cahaya keilmiahannya. Andaikata dunia tidak ada pendidik, niscaya manusia seperti binatang, sebab mandidik adalah upaya mengeluarkan manusia dari sifat kebinatangan kepada sifat insaniyyah dan ilahiyyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar